Manajemen Data Sisi Client (Bab 9)
0
Nama : Pungky Fajar Adijaya
Npm : 18110973
Kelas : 4ka28
TUGAS 9 : MANAJEMEN DATA SISI CLIENT
Npm : 18110973
Kelas : 4ka28
TUGAS 9 : MANAJEMEN DATA SISI CLIENT
Pengertian dan Tujuan Manajemen Data
Manajemen Data adalah bagian dari manajemen sumber daya informasi yang mencakup semua kegiatan yang memastikan bahwa data:
-Data Akurat
-Up to Date (Mutakhir)
-Aman
-Tersedia bagi pemakai (user)
Kegiatan Manajemen Data (1)
Kegiatan manajemen data mencakup :
-Pengumpulan Data
-Integritas dan Pengujian
-Penyimpanan
-Pemeliharaan
-Keamanan
-Organisasi
-Pengambilan
Kegiatan Manajemen Data (2)
KETERANGAN:
-Pengumpulan Data
Data yang diperlukan dikumpulkan dan dicatat dalam suatu formulir yang disebut dokumen sumber yang berfungsi sebagai input bagi system.
-Integritas dan Pengujian
Data tersebut diperiksa untuk meyakinkan konsistensi dan akurasinya berdasarkan suatu peraturan dan kendala yang telah ditentukan sebelumnya.
-Penyimpanan
Data disimpan pada suatu medium, seperti pita magnetic atau piringan magnetic.
-Pemeliharaan
Data baru ditambahkan, data yang ada diubah, dan data yang tidak lagi diperlukan dihapus agar sumberdaya data (berkas) tetap mutakhir.
-Keamanan
Data dijaga untuk mencegah penghancuran, kerusakan atau penyalahgunaan.
-Organisasi
Data disusun sedemikian rupa untuk memenuhi kebutuhan informasi pemakai.
-Pengambilan
Data tersedia bagi pemakai.
Secara umum karakteristik dari client adalah sebagai berikut:
Aktif
Menginisialisasi request
Menunggu balasan dari request
Umumnya terhubung dengan sedikit server dalam suatuwaktu
Umumnya berinteraksi secara langsung dengan end-user menggunakan GUI (Graphical User Interface).
0 komentar: